Mubes Ke-7 Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Hadits, Riski Saminah Simamora Terpilih menjadi Formatur Ketua Umum

Ahad, 9 Juni 2024 menjadi hari yang amat mengharukan untuk Pengurus Unit Kegiatan Mahasiswa Hadits Periode 2023-2024. Sebab, di hari itu mereka resmi dinyatakan sebagai demisioner Pengurus Unit Kegiatan Mahasiswa Hadits.

Pada pembukaan acara, yang dihadiri oleh Bapak Dr. Sholeh Fikri M. Ag selaku Wakil Dekan-III Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi menyampaikan bahwa Unit Kegiatan Mahasiswa Hadits adalah Unit Kegiatan Mahasiswa yang selalu eksis dalam tiap kegiatan keagamaan.

Musyawarah Besar yang di sebut dengan kata singkat MUBES itu juga, tak terlepas dari sesi sidang yang dipenuhi dengan dinamika persidangan, mulai dari pembahasan agenda acara dan tata tertib Musyawarah MUBES yang dipandu oleh :

  1. Pimpinan sidang-1 (Afnan Ali Parapat)
  2. Pimpinan sidang-2 (Rahma Yani Ritonga)
  3. Pimpinan sidang-3 (Rahmi Yanti Siregar)

Pimpinan Sidang-I bertugas sebagai pembawa sidang dalam hal menanyakan kesepakatan kepada forum mulai dari agenda acara hingga tata tertib. Kemudian pimpinan Sidang-II bertugas untuk mencatat setiap tawaran atau saran dan pendapat dari forum. Sementara itu, Pimpinan Sidang-III bertugas mengawasi ketertiban forum.

Setelah Sidang Pleno-1 terlaksana maka terpilihlah Muhammad Arfandi sebagai Presidum Sidang-I yang tugasnya adalah “orang yang akan memandu Sidang setelah Pimpinan Sidang-I“, kemudian Presidium-II, Iffah Sakinah dan presidum-III Riski Saminah Simamora.

Selama Sidang beralangsung, banyak sekali dinamika yang terjadi. Suasana yang tegang antara pengawas, peninjau, peserta aktif dan Presidum Sidang tak bisa terelakkan. Sungguh, persidangan itu membantu setiap yang terlibat untuk berpikir kritis dan punya mental yang kuat dan lebih berani lagi dalam menyurakan pendapat.

Setelah melewati berbagai drama dinamika Organisasi baik dalam membahas anggaran dasar dan anggaran rumah tangga. Akhirnya, masuk kepada laporan pertanggung jawaban Pengurus Periode 2023-2024. Kali itu, diwakilkan oleh III pengurus inti. Yakni Ketua Umum (Feby Arnada Tambunan) Sekertaris Umum (Afnan Ali Parapat) dan Bendahara Umum (Yudistira Hasibuan).

Feby Arnada Tambunan, selaku Ketua Umum Periode 2023-2024 melaporkan tentang kegiatan-kegiatan yang sudah dilaksanakan selama kepengurusan. Mulai dari kegiatan yang pertama; Festival Dakwah Unit Kegiatan Mahasiswa Hadits. Hingga kegiatan yang terkahir https://ormawa.uinsyahada.ac.id/spesial-palestina-ukm-hadits-mengadakan-ngopi-dadakan-yang-terakhir-dengan-tema-rafah-is-not-fomo/ Ngopi Spesial Palestina.

Begitu pula dengan Afnan sebagai Sekretaris Umum juga melaporkan berapa jumlah surat masuk dan surat yang keluar dan juga Yudistira menyampaikan dana masuk dan dana yang keluar. Serta berapa sisa dana yang ada.

LPJ yang disebut adalah Laporan pertanggung jawaban itu ditampilkan di layar monitor dan dilihat secara transparan oleh pengawas, peninjau, serta peserta aktif. Awalnya, sempat terjadi ketegangan antar pengurus. Sebab, peninjau meminta Presidium Sidang untuk menanyakan kepada Dewan pengawas Organisasi. Apakah laporan pertanggung jawaban itu diterima. Para pengurus, khawatir jika LPJ mereka ditolak. Namun, ketegangan itu berhasil hilang saat saudara Ikbal Habibi Pasaribu selaku salah satu Dewan Pengawas Organisasi menyampaikan bahwa laporan mereka diterima.

Setelah itu, masuklah kepada pemilihan kandidat Ketua Umum. Ada beberapa orang yang ditawarkan menjadi kandidat. Yakni; Riski Saminah, Rohima Nur, Aprilia melinda, Sazli hiadayat, Kurniawan Hadi, Hanafi, dan Widia.

Namun setelah melewati setiap proses, sesuai dengan kesepakatan dan yang tercantum dalam AD-ART Unit Kegiatan Mahasiswa Hadits akhirnya Riski Saminah Simamora terpilih sebagai Formatur Ketua Umum. Feby Arnada Tambunan resmi, memberikan amanah dan tanggung jawab kepada Riski Saminah dan seluruh kepengurusan baru, dari generasi ke-6 Unit Kegiatan Mahasiswa Hadits.

Apresiasi setinggi-tingginya sukses selalu. Selamat mengemban amanah, dan selamat berproses untuk menjadi lebih baik. Selamat kepada yang terpilih semoga Unit Kegiatan Mahasiswa Hadits tetap menjadi panutan/uswah dan garda terdepan menghidupkan manfaat. Khususnya dikampus tercinta ini “Ujar Alwi Fadil Trimala, ketua umum Unit Kegiatan Mahasiswa Hadits periode 2019-2020.

“Luar biasa adik2 semua. Apresiasi yang setinggi-tingginya atas Proses MUBES yang sudah berjalan dengan baik. Selamat kepada pengurus baru. Semoga senantiasa diberikan kemudahan menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya. Untuk adik2 yang sudah selesai dalam kepengurusan senantiasa mendapat kebaikan dari dedikasinya selama ini.

Teruslah berproses teman-teman semua. #hidupuntukmanfaat #ukhwahdalamdakwah Ucap Rinaldi Ar-Rasyid salah satu pendiri Unit Kegiatan Mahasiswa Hadits.

“Maasyallah….. Barakallah serta selamat kepada Riski Saminah Simamora, yang telah di amanahkan dan dipercaya oleh kawan kawan Unit Kegiatan Mahasiswa Hadits untuk memimpin Unit Kegiatan Mahasiswa Hadits kedepannya. Risky Samina Simamora adalah seorang perempuan yang pertamakali memimpin Unit Kegiatan Mahasiswa Hadits kita ini. Semoga semangatnya juga luar biasa dan mampu membawa Unit Kegiatan Mahasiswa Hadits yang kita tercinta ini lebih baik lagi kedepannya. Ujar Elza Nasriansyah senior Unit Kegiatan Mahasiswa Hadits. Anggota generasi kedua Unit Kegiatan Mahasiswa Hadits. Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

“Masya Allah, Selamat kepada Ketum Terpilih. Riski Saminah Simamora, Amanah ini adalah amanah berat yang pasti datang dan diberikan kepada orang-orang yang mampu mengembannya. Kepada seluruh kepengurusan terpilih, jangan pernah lari dari hidup_untuk_manfaat #ukhuwah_dalam_dakwah dalam berorganisasi Unit Kegiatan Mahasiswa Hadits.

Terimakasih kepada seluruh panitia yang telah melaksanakan MUBES ini, sehingga tercapai mufakat didalamnya.”Ucap Dwi Purwanto. Pendiri Unit Kegiatan Mahasiswa Hadits sekaligus ketua umum periode pertama Unit Kegiatan Mahasiswa Hadits.

Selamat kepada Unit Kegiatan Mahasiswa Hadits Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpua yang telah melaksanakan MUBES ini dengan baik dan kedepannya mudah-mudahan akan semakin baik, berproseslah dengan sepenuh hari dalam menjalankan roda organisasi yang saudara-saudara pilih, insaallah kedepannya akan semakin baik. Ucap, Subbagian Layanan Akademik UAPK Anni Su’aidah Nasution, S.Ag.

Categories:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *