Menggali Makna Kesabaran: UKM HADITS UIN Syahada Gelar Diskusi Inspiratif Bersama Ustadzah Shiyami

Padangsidimpuan – Sabtu 18 Mei 2024 – Seperti biasa, UKM Hadits UIN Syahada Padangsidimpuan melaksanakan kegiatan mingguan yang kali ini mengangkat tema “Kesabaran Sebagai Kunci Keselamatan”. Kegiatan tersebut menghadirkan Ustadzah Shiyami Amini Pasaribu sebagai pemateri.

Ustadzah Shiyami Amini Pasaribu merupakan sosok ustadzah Ma’had yang sangat dekat dengan anak-anak asrama, khususnya para mahasantriah sejak tahun 2021. Beliau juga mengungkapkan bahwa dirinya adalah salah satu anggota generasi pertama UKM Hadits, yang saat itu diketuai oleh pendiri UKM Hadits, Dwi Purwanto. Ustadzah Shiyami merasa bangga karena UKM Hadits terus eksis hingga generasi ke-7.

Dalam penyampaian materinya, Ustadzah Shiyami menjelaskan tentang pentingnya kesabaran. Salah satu peserta bertanya apakah kesabaran memiliki batas. Ustadzah Shiyami menjawab bahwa kesabaran tidak memiliki batas, karena buah kesabaran sangat indah. Untuk mendapatkan buah tersebut, diperlukan usaha khusus untuk mempertahankan kesabaran, baik dalam ketaatan, menghindari kemaksiatan, serta menerima cobaan dan ujian.

“Seringkali, orang yang terus bersabar dianggap lemah, terutama saat mereka bersabar menghadapi perlakuan zalim. Namun, sebenarnya orang-orang yang sabar adalah orang-orang yang kuat. Hanya mereka yang sabar dan selalu berprasangka baik kepada Allah yang bisa berpikir, ‘Aku harus tetap berbuat baik kepada siapa pun, termasuk kepada orang yang menzalimi’,” ujar Ustadzah Shiyami.

Lebih lanjut, Ustadzah Shiyami menekankan bahwa orang-orang yang sabar adalah yang paling kuat dan tentu paling dekat dengan Allah. Kesabaran dan ketegaran hati mereka membuat mereka selalu selamat dari prasangka buruk terhadap Allah.

Kegiatan Ngopi UKM Hadits kali ini diakhiri dengan sesi tanya jawab yang interaktif, memberikan kesempatan kepada para peserta untuk memperdalam pemahaman mereka tentang kesabaran sebagai kunci keselamatan dan memberikan inspirasi kepada peserta untuk terus mengamalkan kesabaran dalam kehidupan sehari-hari.

Categories:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *